Apakah Blog yang Anda kunjungi saat ini cukup bermanfaat atau memberikan informasi baru bagi Anda?

W.E.L.C.O.M.E

Selamat datang... Semoga mendapatkan informasi atau suatu hal baru yang dapat memberikan pencerahan bagi kita semua.. Silahkan tinggalkan pesan atau komentar jika ada masukan atau hal yang dirasa kurang, guna kebaikan kami di masa datang.. Salam Hangat, Adib..

Searching for...

Rabu, 07 Juli 2010

JANGAN TAKUT DIHIPNOTIS


Hampir sebagian orang takut untuk dihipnotis. Mereka beranggapan jika dihipnotis nanti akan ditanya-tanya segala hal dan takut rahasia besarnya akan terungkap. Atau mungkin mereka khawatir jika diminta melakukan hal-hal yang tidak mereka inginkan. Apakah Anda juga beranggapan demikian? Sebuah pandangan yang salah tentang hipnotis. Hipnotis hanya membawa seseorang ke dalam alam pra-sadar atau bawah sadar, tidak sampai pada ketidaksadaran. Seseorang yang dihipnotis sepenuhnya akan dapat mengendalikan semua perkataan dan perilakunya, termasuk ketika ia tidak ingin menceritakan atau melakukan sesuatu. Di bawah ini adalah beberapa mitos yang salah tentang hipnotis dan pembenarannya.

1. Hipnotis itu magic.
Hipnotis adalah sebuah metode untuk membawa orang ke alam bawah sadar. Metode ini awalnya digunakan pada pasien yang mengalami histeria konversi (kelumpuhan), akibat konflik-konflik yang tidak disadari dan muncul dalam simtom fisik. Teori yang mendasarinya adalah Psikoanalisa yang sebagian besar perilaku & karakter manusia terbentuk karena pengalaman masa lalunya dan bekerja pada alam pra sadar dan ketidak sadaran, sehingga hipnotis bekerja pada alam bawah sadar untuk memperbaiki konflik-konflik masa lalu yang tidak terselesaikan dengan baik. Hal ini menunjukkan jika hipnotis sangatlah ilmiah, bukan sesuatu hal yang magic.

2. Hipnotis membuat orang tidak sadar.
Hipnotis hanya bekerja pada alam bawah sadar, bukan ketidaksadaran. Tidak sadar adalah kondisi ketika seseorang tertidur, tapi orang yang dihipnotis sepenuhnya menyadari apa yang terjadi pada dirinya, apa yang dikatakan orang-orang di sekitarnya, hanya saja saat itu ia berada pada alam bawah sadar.

3. Hipnotis bisa membongkar rahasia orang.
Seseorang tidak akan terbongkar rahasianya jika ia tidak ingin menceritakannya. Lalu mengapa dibawa ke alam bawah sadar jika hanya untuk bertanya atau menggali data? Sebab banyak sekali hal-hal yang tidak kita sadari & menjadi konflik alam bawah sadar kita, akibatnya banyak masalah yang kita rasakan tetapi kita tidak tahu penyebabnya. Membawa seseorang ke alam bawah sadar, memudahkan orang tersebut untuk menemukan konflik masa lalu, atau believe yang salah di masa lalu yang berdampak pada kehidupannya sekarang. Misalnya saat ini ia takut sekali jika melihat ulat (fobia ulat) atau kebiasaan merokok yang sulit dihentikan. Mereka tidak tahu mengapa hal ini dapat terjadi, namun ketika dihipnosa ketemulah konflik masa lalunya dimana saat itu ia tidak menginginkan merokok, tapi ia diejek oleh teman-temannya. Dia ingin berontak, tapi tidak bisa, maka dalam sesi hipnoterapi ia dibantu untuk mengatasi hal ini hingga akhirnya ia bisa total berhenti merokok. Atau mereka yang fobia ulat tadi ketika baru masuk sekolah taman kanak-kanak, ia ditakut-takuti oleh temannya jika ulat akan menggigitnya dan bisa menimbulkan kematian. Hal ini tertanam di alam bawah sadarnya dan ia yakini hingga saat ini, tetapi ia tidak menyadarinya. Inilah yang juga akan terungkap dalam sesi hinoterapi.

4. Hipnotis membuat orang tidur.
Orang yang terhipnotis tidak tidur, sebab ia sepenuhnya menyadari hal yang terjadi di sekitarnya, bahkan ia juga masih mendengar segala hal yang dikatakan oleh orang-orang di sekitarnya.

5. Hipnotis membuat orang melakukan apa saja yang disuruh.
Orang yang dihipnotis menyadari sepenuhnya apa yang terjadi dalam dirinya, sehingga ketika ia diminta melakukan apa saja yang disuruh oleh penghipnotis & ia tidak ingin untuk melakukannya, maka hal itu juga tidak akan terjadi. Sehingga salah besar kalo dengan hipnotis akan membuat orang dapat melakukan apa saja yang disuruh. Orang dapat melakukan apa saja yang disuruh ketika ia menyetujui dan mau melakukan hal itu.

6. Hipnotis untuk kejahatan.
Hipnotis dikembangkan hanyalah untuk kebaikan dan untuk terapi, bukan untuk kejahatan atau penipuan. Sehingga ketika ada orang yang menggunakan hipnotis untuk kejahatan, itu adalah ulah pihak yang tidak bertanggung jawab. Pada artikel yang lain akan dibahas tips bagaimana menghindari kejahatan hipnotis.

7. Hipnotis bekerja pada orang yang pikirannya kosong atau banyak pikiran.
Salah besar, sebab orang yang pikirannya kosong justru tidak dapat dihipnotis. Untuk masuk ke alam bawah sadar, seseorang membutuhkan konsentrasi yang cukup baik. Orang yang memiliki daya konsentrasi bagus lah yang mudah untuk dihipnotis, juga orang yang imaginatif dan memiliki intelektual bagus. Sebenarnya hampir tiap hari kita terhipnotis, misalnya ketika menonton televisi, konsentrasi membaca buku atau menyaksikan sesuatu yang menakjubkan. Dalam kondisi seperti inilah kita mudah terhipnotis atau sebenarnya sudah terhipnotis. Sehingga salah satu tips untuk menghindari kejahatan hipnotis ketika di tempat ramai, jangan mudah terfokus pada sesuatu hal baru. Jika hal ini memang sengaja dibuat agar kita terfokus kepada hal itu, maka tentunya ada pihak lain yang juga akan menghipnotis kita. Be aware..

So.., jangan takut lagi jika Anda ingin mencoba hipnotis untuk membantu Anda lepas dari berbagai masalah yang mengganggu Anda.. Seorang hipnoterapis yang bersertifikat telah diajarkan teknik hipnoterapi yang dapat membantu Anda mengatasi segala permasalahan Anda.. Semoga Bermanfaat..


Referensi :
Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Green, E. B. (2005). Psikologi Abnormal (Terjemahan). Jakarta : Erlangga.
Putra, D E. (2010). Pelatihan “Hipnotis dan Hipnoterapi”. Deep Trance Institute of Hypnotherapy. Yogyakarta.
Putra, D E. (2010). Mahir Hipnosis Dalam 1 Hari. Jakarta: Publisher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar